Lemari Arsip Kayu VS Besi, Pilih yang Mana?

Daftar isi: [Tampil]
Arsip penting di rumah kadang adalah hal yang sangat penting dan harus disimpan pada tempat yang aman. Salah satu tempat yang aman untuk menyimpan arsip berharga adalah dengan meletakkannya di lemari.

Permasalahannya adalah banyak orang yang bingung memilih lemari arsip dari besi atau kayu. Jika Anda di posisi ini lemari arsip kayu VS besi, pilih yang mana? Nah, dari pada Anda bingung mau pilih yang mana, lebih baik simak informasi mengenai lemari arsip besi dan kayu di bawah ini.
Arsip lemari kantor berbahan besi
Arsip lemari kantor berbahan besi

Belakangan ini lemari besi menjadi salah satu tren di masyarakat sebagai lemari untuk menyimpan arsip. Ini karena lemari ini tahan banting dan tentunya lebih aman. Tidak hanya itu saja, lemari ini juga sangat awet dibandingkan dengan lemari kayu. Nah, untuk Anda yang ingin menggunakan lemari besi untuk menyimpan arsip, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Tentukan Ukuran dan Material Besinya 

Sebagai lemari arsip, ada baiknya jika Anda memilih lemari besi yang memiliki material yang tebal. Ada baiknya jika Anda memilih lemari besi yang memiliki ketebalan 0,8 mm. Selain memperhatikan ketebalan, Anda juga harus memperhatikan spesifikasinya. 

Perhatikan apakah lemari ini tahan terhadap air dan juga tahan karat atau tidak. Selain dari materialnya, Anda juga harus memperhatikan ukurannya. Sesuaikan ukuran lemari yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Pilih yang Memiliki Warna Netral 

Selain melihat material dan ukurannya, Anda juga perlu memperhatikan warna lemari. Ada baiknya jika Anda memilih lemari yang menawarkan warna yang netral. Tujuannya adalah agar lemari ini lebih mudah dikombinasikan dengan warna dinding maupun aksesoris rumah lainnya. 

Ada baiknya jika Anda memilih lemari yang mengandung unsur warna hitam, abu-abu ataupun putih. Sebab, warna-warna ini sangat mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya. Selain itu, ia juga akan membuat rumah terlihat tidak sumpeg.

Jangan Lupa Pertimbangkan Harganya  

Hal yang paling penting ketika Anda akan memilih lemari besi ini adalah pertimbangkan harganya. karena terbuat dari besi otomatis harga lemari ini juga mahal. Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikannya dengan baik. 

Selain lemari besi, ada juga lemari arsip dari kayu yang bisa Anda gunakan. Untuk Anda yang ingin menggunakan lemari ini, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

Pilihlah Lemari dari Kayu yang Keras 

Maksudnya kayu keras di sini adalah kayu yang kuat sehingga tidak mudah lapuk dan juga termakan rayap. Sebab, raya juga sering kali memakan kertas, apalagi jika keras tersebut berisikan arsip yang penting. Maka hal ini akan menjadi hal yang sangat berbahaya. Sebagai salah satu rekomendasi, ada baiknya jika Anda memilih lemari yang terbuat dari bahan kayu jati. 

Tentukan Ukuran Sesuai dengan Kebutuhan 

Setelah Anda menentukan jenis kayu yang akan dipilih, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan ukuran dari lemari. Jika arsip yang akan Anda simpan ini banyak, tidak ada salahnya jika Anda memilih lemari yang berukuran besar. 

Namun, jika arsip yang akan disimpan ini tidak terlalu banyak, maka Anda bisa memilih lemari yang memiliki ukuran yang sedang atau kecil saja. dengan demikian lemari ini tidak akan makan banyak tempat. 

Pilih Desain yang Sesuai dengan Keinginan 

Dalam memilih lemari, tentunya untuk jenis lemari kayu ini menawarkan desain yang lebih banyak dibandingkan dengan lemari besi. Karena itu, di sini Anda memiliki keunggulan yang mana Anda bisa memilih beberapa desain lemari yang bisa dipilih. 

Jadi, di sini Anda bisa mencari berbagai macam lemari arsip yang akan digunakan sesuai dengan selera. Bukankah hal ini terasa sangat menyenangkan? Anda bisa memilih desain lemari yang berlaci maupun berpintu sesuai dengan kebutuhan.

Namun, biasanya jika lemari yang digunakan untuk menyimpan arsip itu memiliki desain yang memiliki banyak laci. Sebab, akan jauh lebih mudah dalam mencarinya. Nah, di sini Anda tinggal sesuaikan laci yang akan dipilih adalah laci yang berukuran besar atau kecil. 

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki  

Setelah Anda menemukan semua kriteria di atas, jangan lupa pilih lemari yang sesuai dengan budget Anda. Ingat, jangan paksakan budget dengan lemari yang tidak terjangkau. Sebab, ini hanya sebuah lemari arsip saja. 

Jika harus memilih lemari arsip kayu VS besi, pilih yang mana? Mungkin lebih baik jika Anda memilih lemari besi saja. mengapa demikian? Ini karena lemari besi jauh lebih awet apalagi jika digunakan untuk menyimpan arsip yang berharga. 

Tidak hanya itu saja, lemari besi juga tidak rentan termakan oleh rayap, sehingga ada jaminan keamanan untuk Anda terutama untuk semua arsip yang disimpan. So, ada baiknya Anda memilih lemari besi saja.

Post a Comment

Copyright © 2019

namwala.com